Oleh: sigitpn | 24/03/2008

Fungsi Pembacaan Tabel Vlookup

a. Fungsi VLOOKUP

Fungsi ini digunakan untuk membaca tabel data yang disusun secara tegak lurus (vertikal). Bentuk umum dari fungsi =VLOOKUP adalah sebagai berikut :

= VLOOKUP(Sel Kunci, Range Tabel, No Kolom)

Sel Kunci adalah kolom yang menjadi kunci dalam pembacaan tabel data. Range Tabel adalah daerah yang disorot (range) pada tabel pembanding. No Kolom adalah kolom yang akan dibaca pada tabel data. Ilustrasi seprti gambar berikut :Gambar Vlookup

gmb_vlookup1.jpggmb_vlookup1.jpggmb_vlookup1.png

Setelah kedua tabel inti dan tabel bantu (tabel Kabupaten) seperti gamabar diatas. langkah selanjutnya memasukan rumus pada kolom kabupaten (E6), kolom kota (F6), pada kolom kabupaten tuliskan rumus seperti berikut :

= VLOOKUP(D6;$H$7:$J$11;2)

Kemudian enter setelah muncul hasilnya copy-lah rumus tersebut kebawah dan paste.

pada kolom kota tuliskan rumus seperti berikut :

= VLOOKUP(D6;$H$7:$J$11;3)

 

Kemudian enter setelah muncul hasilnya copy-lah rumus tersebut kebawah dan paste. dan hasil rumus yang dimasukan pada kedua kolom tampak pada gambar berikut: 

 gmb_vlookup2.png

Fungsi Vlookup/Hlookup jika dicermati seperti mengcopi dari tabel bantu dan dipastekan pada tabel inti proses tersebut tidak tampak nyata karena sudah dikerjakan oleh excel. untuk materi selanjutnya ……. tungguh ya pelan-pelan

 

 

Responses

  1. mas, koq hasilnya ga bisa.
    trus pas saya menyortir range tabel nya, tampilannya hanya berupa tampilan huruf dan angka biasa. Knapa tampilannya ga sperti yang mas paparkan yang ada simbol dolarnya.
    trus pemisahnya klo pake titik koma (;) knapa ga bisa.
    o ya mas, klo bisa kirim ke email saya contoh dan penjelasan mengenai VLOOKUP dan HLOOKUP ya. Tolong ya mas…….

    blz

  2. Mas candro mungkin waktu penulisan rumus/formula tidak diawali tanda sama dengan (=), Misal =VLOOKUP(D6;$H$7:$J$11;2) kemudian enter jika muncul error lagi cek pemisahnya diganti dengan tanda koma (,) misal =VLOOKUP(D6,$H$7:$J$11,2) kenapa harus diganti karena ini berdasarkan settingan komputer indonesia atau luar negeri (inggris/USA). …… akan saya kompletkan materi excel
    terimakasih

  3. […] Fungsi pembacaan tabel vlookup […]

  4. mas saya ada masalah soal vlookup !
    ada 2 file namanya tag.xls dan master.xls !
    saya ingin menampilkan nama customer di file tag.xls.
    di file tag.xls cuma ada kode customer! setiap saya buat rumus vlookup kok ga nampil ?
    mlh tampil N/A. Klo boleh tahu rumus vlookup punya syarat tertentu tidak ?
    misalkan harus berupa text ! atau apa saja ?
    dan apa yang harus saya parhatikan dalam pembuatan rumus vlookup nya ?
    tlong bales ya pak !!

  5. Dalam menggunakan rumus Vlookup/Hlookup memang ada yang harus diperhatikan yaitu pada bagian field kuncinya ( =Vlookup( field kunci ; Range tabel ; No Kolom )). di bagian field kuncinya itu tipe datanya harus sama dengan field kunci di range tabel. maksudnya jika kode kustomer itu tipe datanya text maka di range tabel juga harus text. dan ini juga berlaku untuk tipe datanya juga numeris.

    coba deh pasti bisa…… selamat mencoba

  6. contoh soal hlookup dan vlookup nya toLOng Di GaNti yaNG tENtANG mEnGhiTung GAJI ,PREMI DLL

  7. Makasih masukannya Nanti akan carikan contoh tentang perhitungan gaji atau premi. saat ini sedang sibuk uLangan UMum Semesteran n kenaikan……

  8. mas mau minta bantuannya ya,,,
    saya mau bikin rumus vlookup di sheet 2 tapi range tabelnya di sheet 1 saya sudah menggunakan rumus seperti diatas, tapi hasilnya tetap #N/A saya bingung salah nya dimana
    mengenai (;) komputer saya tidak bisa terus saya ganti dengan (,) kemudian pake rumus persis seperti diatas…hasilanya tetap #N/A….

    makasih ya mas sebelumnya, minta tolong dijawabnya ke email saya langsung bisa ya..

  9. oiya mas lupa satu hal..klo di atas kan sel kuncinya ada nilainya..kalau sel kuncinya kosong itu rumusnya tetap sama yah…

  10. sudah aya kirim contohanya kemarin ke email anda.
    kalau selnya kosong baiklnya harus diisi. tapi ada solusinya menurut saya coba tambahi rumus pake IF
    jika kunci D5= 0
    dan kolom E5 masukan rumus berikut
    misal = IF(D5=0;0;vlookup(….., ……., ……)

  11. […] Semoga contoh ini bisa membantu untuk belajar excel secara mandiri Relasi Topik Fungsi penggunaan teks (LEFT, RIGHT, MID) Fungsi Pembacaan tabel Vlookup […]

  12. mas tolong dong buatkan soal tentang vlookup dan hlookup.trimis

  13. mas, ko rumusnya ga bisa =VLOOKUP(D6;$H$7:$j$11;2)hasilnya eror apa ada yang salah rumusnya?

  14. mungkin kesalahan pada pemisahnya soalnya excel bisa menggunakan pemisah……
    =VLOOKUP(D6;$H$7:$j$11;2)

    dan

    =VLOOKUP(D6,$H$7:$j$11,2)

    errornya dimana….. ya mas….

  15. di contohnya sudah ada….. ya mungin baru satu……

  16. ….

  17. masssssssssssss
    kok sulit nya……:((
    lagi coba2 kok gak bisa2 ya,,,,,:((

  18. apa saja fungsi dari microsoft exel

  19. mas mau tanya dong!
    mas q kan punya rumus =VLOOKUP(E28,nama,2,1),
    nah kalo kolom E28 g’ diisi ada tulisan #N/A, biar #N/A g muncul caranya gimana mas?

    Trims,

  20. aduH……………yo opo seh fungsi find kog ndak ada ndak lengkap nea

  21. mas… kalo kita menggunakan code angka… itu bagaimana???

    saya sudah merujuk range pada codenya… tapi gak bisa…
    saya ingat sedikit klao gak salah

  22. makacih…

  23. TOLONG DIKIRIMKAN FUNFSI PEMBACAAN FUNSI TABEL HLOOKUP N VLOOKUP

  24. Mas Punya Contoh2 soal Excel gk? n Contoh soal V n Hlookup? Tolong kirim ke email saya…Terima kasih banyak…

  25. saya bisa minta alamat email yg aktif..

    balas ke email saya mas…terima kasih

  26. mas mau minta bantuannya ya,,,
    saya mau bikin rumus vlookup di sheet 2 tapi range tabelnya di sheet 1 saya sudah menggunakan rumus seperti diatas, tapi hasilnya tetap #N/A saya bingung salah nya dimana
    mengenai (;) komputer saya tidak bisa terus saya ganti dengan (,) kemudian pake rumus persis seperti diatas…hasilanya tetap #N/A….
    (problem saya sama dengan Sdr.Hanra Hafifa..bisa minta tolong email saya solusinya mas?..thanks n salm kenal)

  27. […] Fungsi Pembacaan Tabel Vlookup « Sejenak duduk di depan komputer …mlh tampil N/A. Klo boleh tahu rumus vlookup punya syarat … saya mau bikin rumus vlookup di sheet 2 tapi range tabelnya di sheet 1 saya … […]

    Begini untuk rumus Vlookup untuk tabel bantu mau jadi satu atau di sheet lain tidak masalah.
    misal di sheet1 sebagai tabel utama dan tabel bantu di SHEet2
    waktu penulisan

    = Vlookup(A2;sheet2$A$1:$C$3;2)

  28. saya ada sedikit masalah dengan fungsi vlookup ini, gk tau di rumus nya yang salah atau justru di tabel array nya…

    saya ada datanya nih… enaknya saya kirim kemana ya?

    mohon bantuannya ya…. please….

  29. selamat pagi mas, saya mau tanya mengenai penggunaan rumus vlookup… saya sudah pakai rumus tersebut dan sudah ada yang bisa keluar angka sesuai yang saya kehendaki tapi ndak semua nomor tersebut keluar ada sebagian yang keluar #N/A sudah saya teliti satu persatu semua sama tapi saya ulang tetap saja keluarnya seperti itu. mohon bantuannya mas salah dimana rumusan saya… mohon dibalas. terima kasih. salam agusto

  30. makasih ya,,, akhirnya saya udah bisa gunain vlookup

  31. ajarin dong mas

    • ajarin dari mana dulu…….tergantung topiknya apa dulu…

  32. nama tabel : TB
    kode tahun 92 93 96 98 97
    potongan 8% 7% 6% 5% 4%
    uang kuliah 750,000 1,000,000 1,100,000 1,250,000 1,500,000

    A B C
    1. NIM Nama Siswa Uang Kuliah
    2. 00198fls samsu #N/A –> rumus : =HLOOKUP(MID(A2,4,2),
    3. 00296psi sari #N/A TB,3,0)
    4. 00392hkm satya #N/A
    5. 00493tsp susan #N/A

    tapi anehnya klo sya ketik =MID(A2,4,2) keluar 98
    stelah digabung dgn HLOOKUP itu jd #N/A, mohon pencerahan

  33. #buat Wisnu Sudah saya kirim ke Email….mungkin juga salah satu kasus juga untuk peneyelesaiannya misalnya dari kasus Mas Wisnu

    “tapi anehnya klo sya ketik =MID(A2,4,2) keluar 98
    stelah digabung dgn HLOOKUP itu jd #N/A,”

    supaya tidak keluar #N/A karena dari tabel pembanding angka 98 dianggap number sedangkan hasil dari MID itu adalah berupa Text walaupun sama dengan huruf 98 supaya sama menjadi angka maka harus dikonversi menjadi

    misal = HLOOKUP(VALUE(MID(A2;4;2));$B$23:$F$25;3)

    silahkan dicoba….makasih semoga bisa membantu…

  34. No Kode Karyawan Nama Karyawan Jabatan Status Perkawinan Jml Jam Kerja / Bulan Jml Jam Lembur / Bulan Tunjangan Profesi Gaji Pokok Gaji Lembur Total Gaji Bruto PPH 10% Total Gaji Netto
    1 MDGAS-001 Tono Subagyo MENIKAH 900 1500000 3000000 5500000 550000 4950000
    2 BMGAS-002 Fadli Baskoro #N/A 900 1000000 2000000 3750000 375000 3375000
    3 MSGAS-003 Lia Itasari MENIKAH 1060 750000 1000000 2000000 200000 1800000
    4 MSGAS-004 Febru Argo MENIKAH 1050 750000 500000 1500000 150000 1350000
    5 MQGAS-005 Beny Setiawan MENIKAH 1070 600000 750000 1650000 165000 1485000

  35. mas, bagaimana cara membaca tabel jika field kunci berada di dua kolom berbeda? mohon bantuannya

    • jika di kolom berbeda ya digabungkan saja misal =B3 & C3

  36. Kalo saya membutuhkan hasil dari 2 atau 3 kata kunci menggunakan rumus apa ya?

    • vlookup hanya bisa menghandel lookup-table dengan 1 kriteria (lookup_Value)
      Jika keperluannya seperti pak iwan, (dengan hasilnya = lebih dari satu baris)
      biasanya kita gunakan “formula filtering”
      lihat di

      http://www.box.com/shared/yefinlqv0p

      http://www.box.com/s/6gm0di257l5stfzxa43p

      • Makasih infonya..sangat membantu…

    • Mungkin bisa berikan contoh kasusnya…

  37. di helpnya VLOOKUP punya 4 suku (argument)
    argument ke 4 kok gak dijelaskan ya..

  38. mas mau tanya, kenapa ya klo sya copy paste dari kolom yang sudah berisi rumus vlookup selalu berubah ???

    • jika rumusnya dicopy berubah….Mungkin ketika membuat rumus ada range yang belum dikunci ($) jadi rumusnya ada yang berubah
      misal =Vlookup(B3;$G$3:$I$6;2) Ket B3 : sel kunci sebagai acuan
      $G$3:$I$6 : Sebagai range yang harus dikunci….

  39. Saya mau bertanya, kalau saya sudah bisa merumuskan di cell paling atas tp kok ketika didrag kebawah rumus itu tidak bisa berfungsi untuk cell-cell yang dibawahnya itu kenapa yah?

    • Mungkin kolom yang sebagai untuk rmus…formatnya berbeda…

  40. om thx ya…ujian ane lancar gara2 ane liat referensi om…yg nanya juga membantu…trima kasih All

    • sama-sama….


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

